Dolan Bareng ke Pantai Suwuk Bersama Domas Tour dan Kupu-kupu Ayu Trans

banner 468x60

KEBUMEN – Minggu, 27 September 2020 untuk pertama kalinya saya melakukan perjalanan ke pantai Suwuk, Kebumen. Kali ini saya ditemani oleh teman-teman dari Domas Tour dan Kupu-kupu ayu trans.

Domas Tour adalah agency tour and travel milik teman saya di kota Bumiayu. Sedang Kupu-kupu ayu adalah agen bus pariwisata yang sedang berkembang di Kota Purwokerto. Keduanya beberapa kali melakukan kolaborasi trip yang cukup heboh, menarik dan banyak sekali peminatnya.

Nah kebetulan hari ini saya juga diajak untuk mengikuti piknik bareng bersama peserta lain tilik pantai suwuk. Kebanyakan peserta berasal dari kota Bumiayu dan sekitarnya. 

Ada dua bus yang diberangkatkan. Satu bus diisi oleh sekitar lima puluh orang. Salah satu bus diantaranya diisi penuh oleh warga Gatero (Warga Erte Loro Jatisawit), ini sih satu RT (Rukun Tetangga) ikut semua kayaknya. Mereka kompak banget dan seru abis pokoknya lah.

Perjalanan dari Bumiayu start mulai pukul 07.00 wib. Titik kumpul awal ada di kantor Domas Tour jalan KH. Ahmad Dahlan sebelah barat SMA Muhammadiyah Bumiayu.

Setelah semua persiapan selesai perjalanan kita mulai, dengan menjemput Gatero dan peserta lain di titik kantor Desa Jatisawit, Bumiayu.

Tepat pukul 07.30 wib dua bus dari kupu-kupu ayu Red Admiral yang dikendarai Mr. Chank dan Golden Admiral yang kendarai oleh Babeh Triwijaya melaju kearah selatan. Melipir sebentar di pom bensin Paguyangan untuk menjemput peserta yang sudah menunggu di titik ini. Akhirnya jam 08.00 wib sesuai jadwal yang sudah ditentukan kita beranjak meninggalkan Kota Bumiayu menuju pantai Suwuk Kebumen.

Pantai suwuk terletak di Dusun Suwuk, Desa Tambak Mulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen. Terdapat beberapa jalur alternatif untuk menuju lokasi tersebut. Jaraknya sekitar 50 km dari pusat kota Kebumen bisa ditempuh sekitar 45 menit.

Rombongan tiba di pantai suwuk sekitar pukul 11.00 wib lebih sedikit. Muka-muka ceria peserta terlihat saat turun dari bus. Mereka sepertinya haus akan piknik dan liburan. Maklum saja sudah beberapa bulan ini banyak tempat wisata yang tutup akibat pandemi virus corona.

Semilir angin laut dan deburan ombak seakan menghilangkan semua penat yang ada pada kita semua. Makanya, mereka kebanyakan langsung menyerbu bibir pantai untuk menikmati keindahannya. Kalau anak-anak kecil lihat air tentu saja mereka langsung nyebur untuk berenang. Tapi tak sedikit juga dari kalangan dewasa ikut juga.

Padahal waktu itu cuaca sedang terik-teriknya. Matahari di atas kepala seperti sangat menyengat. Namun hal tersebut tak menyurutkan niat mereka untuk menikmati suasana dipantai. Maklum saja terbiasa hidup di pegunungan lihat pantai bawaanya langsung pengen nyebur berenang.

Di pantai suwuk terdapat banyak warung-warung tenda yang berjejer di sepanjang pantai. Ada juga tempat duduj panjang dengan payung besar disewakan persis di bibir pantai untuk disewakan kepengunjung, jadi kita bisa lebih dekat dengan pantai untuk duduk bersantai tanpa harus kepanasan.

Makanan yang paling unik dan menjadi ikon di pantia suwuk adalah yutuk atau undur-undur laut. Hampir disemua warung yang ada disini menyediakannya. Yutuk di goreng crispy menggunakan tepung. Rasanya lumayan cukup gurih.

Selain itu ada juga berbagai macam menu seafood yang bisa kalian coba. Tapi kalau kalian mau beli makan disini biasakan tanya dulu harga yah gaes biar nggak kaget denger harganya pas selesai makan.

Harga tiket masuk pantai suwuk untuk ornag dewasa seharga Rp 6.500 sedangkan anak-anak Rp 3.500 saja. Parkir kendaraan roda 2 Rp 2.000, Roda 4 Rp 5000, dan Roda 6 atau lebih Rp 10.000.

Pantai suwuk ini termasuk cukup bagus, airnya bersih tidak banyak sampah yang berserakan di pantai juga pemandangannya indah.  Sambil menikmati deburan ombak laut dipantai kalian juga bisa menyewa ATP, Kuda, atau juga bisa sambil bermain layang-layang.

Buat kalian yang mau menginap di resort atau penginapan juga ada ko disini, kalian tinggal tanyakan saja ke pengelolanya.

Setelah seharian puas bermain kesana kemari di pantai suwuk akhirnya kita mengakhiri piknik kali ini bersama domas tour dan Kupu-kupu Ayu. Sekitar pukul 15.00 wib mulai kita bergerak lagi menuju perjalanan pulang.

Tapi rasanya seharian bermain di pantai masih belum cukup untuk para peserta, akhirnya mereka request mampir dulu ke alun-alun Purwokerto atau alun-alun Banyumas.

Sebagai agent tour and travel yang ingin menservice pelanggannya dengan hal tersebutpun langsung diiyakan oleh empunya domas tour mas Fitrul.

Nah seperti apa keseruannya saat perjalanan pulang. Mampir ke Alun-alun dan belanja oleh-oleh, tunggu di artikel selanjutnya. Atau kalau lebih jelas bisa saja nonton video dibawah ini. Cekidot.

(Dokumentasi Kangen Teaveling)

kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *