Desa Ko Panyi Thailand Dihuni Mayoritas Keturunan Jawa

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Desa Ko Panyi Provinsi Pang Nga di Thailand di huni mayoritas orang Jawa, mereka sudah merantau sejak tahun 1800an tahun yang lalu. Tempat ini termasuk salah satu destinasi populer di daerah tersebut.

Menarik untuk kita bahas kenapa banyak warga keturunan Jawa yang berada ditempat tersebut.
Pada masa itu pemerintah Thailand melarang warga asing untuk memiliki tanah disana. Seorang nelayan bernama Toh Babo bersama keluarganya dan 2 orang teman lainnya mencari tempat untuk tinggal baru.
Mereka berlayar dari Pulau Sumatera menyusuri sepanjang garis Malaysia ke laut Andaman hingga akhirnya sampai ke perairan Thailand dan menemukan sebuah pulau kecil di Provinsi Phang Nga, Thailand.
Desa Ko Panyi saat ini di huni sekitar 300 keluarga hampir 1500 orang. Kebanyakan beragama Islam. Semuanya merupakan anak keturunan Koh Babo dan teman-temannya yang berlayar dari Indonesia 200 tahun silam.
Saat ini desa Ko Panyi termasuk desa yang maju karena banyak dikunjungi wisatawan. Disana terdapat masjid, sekolah, toko souvenir, restoran, bahkan lapangan sepak bola terapung.
Masjid dengan Kubah berwarna merupakan bangunan yang sangat mencolok dan menarik perhatian karena mengapung diatas air. Masjid Panyi terlihat jelas saat kapal yang mengangkut para wisatawan akan bersandar di Desa tersebut. (/ridlo) 
 
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *