Desa Kecepak Adakan Sedekah Bumi dan Kirab Budaya Legenan

banner 468x60
KANGENTRAVELING.COM – Tradisi sedekah bumi adalah ritual tradisional masyarakat yang populer di Indonesia khususnya Pulau Jawa.
Batang adalah salah satu kabupaten yang masih meneruskan tradisi ini. Khususnya di Desa Kecepak Kecamatan Batang.
Hal itu disampaikan secara langsung oleh Kepala Desa Kecepak Ahmad Ahsari saat membuka Kirab Budaya Sedekah Bumi di Depan Balai Desa Kecepak, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Minggu (5/6/2022).
Kepala Desa Kecepak Ahmad Ahsari menyampaikan, rangkaian acara sedekah bumi Desa Kecepak diawali kirab budaya dilanjutkan siangnya pagelaran wayang among tani.
Kemudian, sorenya tasyakuran yang dilakukan warga dan malam hari dilanjutkan pagelaran wayang golek dengan lakon canus mangkat kaji.
“Sedekah bumi dibulan legenan dilakukan untuk wujud rasa syukur masyarakat terhadap Tuhan Yang Maha Esa setelah menerima hasil bumi yang melimpah di desa ini. Tradisi ini sudah berlangsung secara turun menurun dari nenek moyang,” jelasnya.
Sedekah bumi terakhir dilaksanakan tahun 2018 karena pada tahun 2019 ada pemilihan kepala desa dan tahun 2020 masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, jadi ditiadakan sementara hampir 5 tahun dan baru tahun ini bisa dilaksanakan kembali. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *