Demi Konten, Bule Pura-pura Bersihkan Pantai di Bali

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Seorang turis berkulit putih atau sering disebut “bule” sedang beraksi pura-pura membersihkan pantai demi konten media sosial.

Bali, sebuah pulau indah yang menjadi destinasi wisata favorit banyak turis dari seluruh dunia. Namun, baru-baru ini sebuah video beredar yang memperlihatkan seorang bule berkulit putih, atau sering disebut ‘WNA’, yang pura-pura membersihkan pantai hanya untuk kepentingan sebuah konten media sosial.
Bahasan kali ini tentu sangat menyinggung, karena tidak hanya merendahkan keberadaan Bali sebagai salah satu warisan dunia yang harus dihargai, tapi juga merendahkan usaha kita sebagai warga negara Indonesia dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.
Berikut adalah empat perspektif yang patut kita pertimbangkan seputar kasus ini:
1. Isu Lingkungan Yang Terancam
Semakin banyaknya sampah di kawasan wisata, termasuk pantai, semakin menghancurkan lingkungan dan ekosistem yang ada. Pada 2020, Indonesia diperkirakan menghasilkan 3,2 juta ton sampah plastik per tahun, dan 620.000 ton berakhir di lautan.
2. Konten Media Sosial yang Memanfaatkan Isu Lingkungan
Sebagai generasi milenial dan Z, kita jelas merasa terbantu oleh kemajuan teknologi. Namun, pernahkah kita berpikir, “Sejauh mana batasan etika dalam membuat konten media sosial?”
3. Sikap Wisatawan Asing di Bali
Kita perlu bertanya pada diri sendiri, “Sejauh mana kita bisa memberikan akses kepada wisatawan asing untuk menjalani gaya hidup mereka di Bali?” Apakah kita harus memberlakukan aturan tambahan untuk wisatawan asing yang tidak menghargai kelestarian lingkungan kita?
4. Tanggung Jawab Bersama dalam Menjaga Lingkungan
Tidak bisa dipungkiri bahwa wisatawan lokal juga memiliki peran dalam memperparah kondisi ini. Maka dari itu, mari kita sama-sama memegang tanggung jawab dalam menjaga kebersihan lingkungan.
Mari kita jadikan kasus ini sebagai bahan introspeksi bagi kita semua, baik itu sebagai pencipta konten, wisatawan, maupun sebagai warga negara Indonesia. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *