Danau Weekuri Sumba Barat Daya, Keindahannya Bikin Betah

banner 468x60
KANGENTRAVELING.COM – Kalau bicara tentang keindahan alam di Nusa Tenggara timur memang tidak pernah ada habisnya. Salah satu yang sedang banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah Danau Weekuri. Karena danau ini termasuk danau yang cukup cantik dengan lokasinya yang berdekatan dengan laut.
 
Danau Weekuri  terletak di Desa Kelana Rongo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Weekuri merupakan bahasa Sumba yang artinya Percikan.
Danau Weekuri memiliki kedalaman hanya 30 cm sampai 2,5 m. Namun kadang bisa berubah menjadi 5 meter saat air pasang dari laut masuk ke danau. Danau ini berbentuk lonjong dengan panjang 150 meter dan lebar sekitar 50 meter.
Jika kita ingin ke danau Weekuri kalian harus menempuh jarak sekitar 60 kilometer dari Tambolaka ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya. Kita bisa menyewa mobil dengan tarif sekitar Rp 500.000 sampai Rp 600.000 sudah termasuk drivernya. Atau bisa juga sewa motor dengan tarif Rp 100.000 hingga Rp 150.000 saja.
Tiket masuk Danau Weekuri untuk saat ini adalah Rp 50.000 per mobil. Jika kamu sudah sampai pos jaga tinggal jalan kaki sekitar 20 meter untuk mencapai lokasi danau.
Waktu paling tepat untuk berkunjung ke Danau Weekuri adalah pukul 4 sore. Dimana kita bisa menikmati sunset sambil berenang di danau yang memiliki garam tinggi serta air hangat karena campuran antara air tawar dan air laut. 
Jika kalian ingin berenang sebaiknya menggunakan alas kaki seperti sendal atau sepatu karena bebatuan di dasar danau adalah batu karang yang keras. Atau jika ingin bersantai kita bisa menyewa ban dengan tarif Rp 10.000 bisa dipakai sepuasnya.
Keindahan Danau Weekuri memiliki warna gradasi mulai dari hijau, biru, hingga putih. Selain itu kita juga bisa menikmati batuan cantik yang terbentuk mengelilingi danau serta pinggiran laut yang cukup menawan.
Menurut mitos danau Weekuri dulunya adalah sebuah perkampungan yang tenggelam. (/ridlo)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *