Curug Bengkawah Pemalang: Keindahan Air Terjun Kembar yang Menakjubkan

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Curug Bengkawah adalah salah satu destinasi wisata alam yang menarik di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Meskipun terletak di jalur pantai utara Jawa, daerah ini menawarkan keindahan alam pegunungan yang luar biasa. Dengan air terjun kembar yang tingginya mencapai 20 meter, Curug Bengkawah menjadi tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman.

Keunikan Curug Bengkawah
Salah satu keunikan Curug Bengkawah adalah air terjun kembar yang berada di sana. Dua air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan terletak di Jl. Sikasur – Simpur, Karangmulyo, Sikasur, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang. Keindahan alam di sekitar air terjun ini membuat suasana menjadi sangat adem dan segar.
Selain itu, air yang berada di aliran Sungai Kluweh ini juga cukup jernih. Banyak masyarakat atau pengunjung yang gemar ciblon (berenang di sungai) di sini. Tak hanya untuk berenang, banyak masyarakat yang juga memancing ikan di sini. Ada beberapa spesies ikan yang bisa ditemukan di sini, salah satunya ikan tambra.
Akses dan Fasilitas
Akses menuju Curug Bengkawah cukup baik. Dari alun-alun Pemalang, perjalanan memakan waktu 45 menit hingga 1 jam. Memasuki kawasan wisata, jalan cor besi sudah tersedia hingga menuju tempat parkir sepeda motor. Untuk ke Curug, pengunjung membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit saja.
Panorama sepanjang jalur masuk curug pun patut untuk diabadikan. Mulai dari pematang sawah, jernihnya air sungai, dan jika beruntung, bisa secara langsung melihat kecantikan Gunung Slamet. Meski akses ke curug menurun, pengelola juga sudah menyediakan akses tangga sehingga pengunjung lebih aman dan nyaman.
Indahnya Curug Bengkawah rasanya sepadan dengan harga tiket masuk yang terjangkau. Pemandangan di sekitar curug yang dipenuhi dengan pepohonan menjadikan suasana curug yang adem dan segar. Di sini juga banyak dijajakan aneka kudapan, mulai dari aneka minuman, lotis, rujak, mie instan, hingga mendoan.
Kebersihan di sekitar curug ini pun patut diacungi jempol. Kondisi air yang bersih semakin jernih lantaran tak tercemar sampah. Pengunjung pun diharap bisa tetap menjaga kebersihan dengan membuang sampah di tempat sampah. Kebersihan ini pun turut menjadikan Curug Bengkawah sebagai surga ciblon bagi pengunjung.
Selain ciblon, pihak pengelola pun juga menyediakan paket rafting. Satu paket rafting dibanderol seharga Rp250.000 per orang. Dengan harga ini, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas berkemah, makan dan minum, serta hiburan. Pengelola juga menyediakan paket dengan fasilitas rafting saja tanpa berkemah.
Tips Berkunjung ke Curug Bengkawah
Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat berkunjung ke Curug Bengkawah:
1. Menjaga Kebersihan: Selalu buang sampah pada tempatnya dan jangan membuang sampah sembarangan.
2. Mengikuti Aturan: Patuhi larangan yang ada di sini, seperti dilarang berburu dan dilarang menangkap ikan dengan jala.
3. Membawa Perlengkapan: Bawa perlengkapan yang diperlukan, seperti kamera, pakaian ganti, dan alat pribadi lainnya.
4. Mencicipi Kuliner Lokal: Jangan lupa mencicipi aneka kudapan yang dijajakan di sekitar curug, seperti lotis, rujak, mie instan, dan mendoan.
5. Mengunjungi Tempat Lain: Jika Anda melintasi Kecamatan Belik Pemalang, jangan lewatkan berkunjung ke Curug Bengkawah. Jangan lupa beli produk umkm dan icip-icip pula nanas madu khas Belik.
Curug Bengkawah adalah destinasi wisata alam yang menawarkan keindahan air terjun kembar yang menakjubkan. Dengan akses yang baik dan fasilitas yang lengkap, tempat ini cocok untuk dijadikan agenda tamasya bagi keluarga. Jadi, jangan ragu untuk mengunjungi Curug Bengkawah saat berada di Pemalang. (/kt)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *