Catat ini! 8 Makanan Bekal Untuk Mendaki Gunung

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Mendaki gunung merupakan aktivitas yang menantang dan menyenangkan. Namun, hal ini juga membutuhkan penyiapan yang cermat, terutama dalam hal bekal makanan. Makanan yang tepat akan memberikan energi yang dibutuhkan untuk pendakian, dan juga membantu menjaga stamina dan daya tahan tubuh. Berikut ini adalah delapan rekomendasi makanan yang bisa Anda bawa saat mendaki gunung.

1. Roti Gandum
Roti gandum dianjurkan karena mengandung karbohidrat sebagai nutrisi sumber tenaga. Ini juga kaya akan protein, serat, antioksidan, magnesium, zat besi, vitamin B, dan mineral lainnya yang baik untuk tubuh.
2. Sarden atau Tuna Kaleng
Sarden atau tuna kaleng yang sudah dibumbui bisa menjadi pilihan yang baik. Anda hanya perlu memanaskannya atau bisa juga ditambah dengan irisan cabai, tomat, dan bawang sesuai selera.
3. Cereal Bar
Cereal bar juga bisa menjadi pilihan makanan praktis yang bisa Anda bawa. Setiap bungkus biasanya mengandung sekitar 170 kalori, yang baik untuk memulihkan energi Anda.
4. Beras
Sebagai makanan pokok, beras juga merupakan bekal yang wajib Anda bawa saat mendaki gunung. Beras kaya akan karbohidrat yang menjadi sumber tenaga bagi tubuh.
5. Sup Krim atau Bubur Ayam Instan
Sup krim atau bubur ayam instan bisa menjadi menu makanan Anda saat mendaki. Packagingnya yang praktis dan ringkas, Anda hanya perlu mencampurkannya dengan air panas dan mengaduknya hingga kental.
6. Kurma, Madu, dan Coklat
Kurma, madu, dan coklat merupakan makanan manis yang akan memberikan energi tambahan bagi Anda. Hormon endorphin akan bertambah jika Anda mengonsumsi makanan manis, sehingga mood Anda akan tetap baik selama pendakian.
7. Sayur-sayuran
Jangan lupakan sayur-sayuran. Kandungan vitamin dalam sayuran akan membantu meningkatkan sistem imun dan energi tubuh Anda.
8. Buah-buahan
Selain sayur, buah-buahan juga perlu Anda bawa sebagai pelengkap nutrisi. Buah-buahan akan menambah vitamin dan serat bagi tubuh Anda. Buah-buahan yang kaya air juga dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh Anda.
Dengan memilih bekal makanan yang tepat, pendakian Anda akan menjadi lebih lancar dan menyenangkan. Selalu ingat untuk menjaga keseimbangan nutrisi pada bekal Anda, dan pastikan untuk mengonsumsi cukup air selama pendakian. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *