Cara Memilih Hewan Qurban dan Hukum Berqurban

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Idul Adha 1442 H jatuh pada hari Selasa 20 Juli 2021 sesuai dengan ketetapan pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) saat melakukan sidang isbat yang dilaksanakan pada tanggal 10 Juli 2021 lalu.

Idul Adha merupakan salah satu hari raya umat Islam. Dimana pada hari raya ini umat Islam disunahkan untuk menyembelih hewan qurban. Tim kangentraveling.com (Religi) saat berkunjung ke kediaman Ustad Lalan Maulana menanyakan bagaimana hukum dan syarat-syarat hewan yang akan diqurbankan. Berikut penjelasannya: 
Hukum berqurban sunah muakadah bagi orang muslim seumur hidup sekali.
Hewan qurban yang dianjurkan adalah kambing kibasi kambing yang besar. Namun boleh juga menggunakan sapi, kerbau, atau onta. Selain itu qurban disyaratkan bagi orang yang mampu dan tidak mengganggu alokasi dana untuk kebutuhan sehari-sehari.
Jika hewan qurban kambing maka hanya untuk 1 orang. Sedangkan sapi, kerbau, atau unta untuk 7 orang.
Sementara itu umur kambing yang akan diqurbankan sudah mau masuk dua tahun atau sudah berumur satu tahun lebih, atau kambing yang sudah tanggal gigi depannya.
Untuk umur sapi sudah mau masuk 3 tahun atau 3 tahun lebih sedangkan umur unta masuk 6 tahun.
Ada 4 hal yang tidak diboleh untuk kurban, yaitu hewan buta, pincang, sakit, kurus sekali. Hewan qurban harus sehat, gemuk, tidak cacat dan tidak sakit. (/ridlo)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *