Cara Membuat Serabi yang Lezat: Resep Sederhana untuk Kudapan Istimewa

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Serabi, merupakan salah satu kudapan khas Indonesia yang lezat dan menggugah selera. 

Terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti tepung beras, kelapa parut, dan gula merah, serabi menjadi pilihan yang tepat untuk menemani waktu santai bersama keluarga. Dalam artikel ini, kita akan membahas resep sederhana untuk membuat serabi yang lezat dan menggoda selera.
Bahan-bahan Serabi:
  • 250 gram tepung beras
  • 500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 100 gram kelapa parut kasar
  • 100 gram gula merah, serut halus
  • 1 lembar daun pandan, simpulkan
Langkah-langkah Membuat Serabi:
1.  Membuat Adonan Serabi: Campurkan tepung beras, santan, garam, dan ragi instan dalam sebuah wadah. Aduk hingga rata dan tidak ada gumpalan. Diamkan adonan selama 30 menit agar ragi bekerja dan adonan mengembang.
2. Menyiapkan Kelapa Parut dan Gula Merah: Sementara menunggu adonan, siapkan kelapa parut dan gula merah. Kelapa parut kasar akan memberikan tekstur yang lezat pada serabi, sementara gula merah akan menambah kelezatan rasa manis.
3. Memanaskan Cetakan Serabi : Panaskan cetakan serabi dengan api sedang. Olesi cetakan dengan sedikit minyak agar serabi tidak lengket nantinya.
4. Membuat Serabi: Ambil satu sendok sayur adonan, tuang ke dalam cetakan serabi yang sudah dipanaskan. Biarkan hingga bagian bawah serabi berwarna kecokelatan, sekitar 3-4 menit.
5. Menambahkan Kelapa Parut dan Gula Merah: Taburkan kelapa parut dan gula merah di atas serabi yang sudah mulai matang. Lipat serabi menjadi dua, dan biarkan hingga matang sempurna, sekitar 2-3 menit lagi.
6. Mengangkat dan Menyajikan Serabi: Angkat serabi dari cetakan, dan sajikan dalam piring saji. Ulangi proses hingga adonan habis, dan serabi siap disantap bersama keluarga.
Serabi yang lezat ini bisa dinikmati sebagai kudapan di sore hari, atau sebagai pelengkap menu sarapan pagi. Resep sederhana ini mudah diikuti dan pasti akan menghasilkan serabi yang lezat dan menggoda selera. Selamat mencoba! (/kt)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *