Cara ke Rumah Raden Saleh di Menteng: KRL, Transjakarta atau Kendaraan Pribadi

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Rumah Raden Saleh, seorang pelukis bersejarah Indonesia, adalah permata yang berharga tidak hanya dalam sejarah seni Indonesia tetapi juga dalam arsitektur Jakarta. Letaknya di Cikini, Jakarta Pusat, rumah ini memiliki cerita penting yang perlu diketahui.

Raden Saleh, yang lahir pada tahun 1811, dikenal sebagai pelukis pertama dari Indonesia yang mencapai pengakuan internasional. Dia menikmati karir yang sukses di Eropa selama hampir dua dekade sebelum kembali ke tanah air dan membangun rumah megah ini.
Rumah yang kompleks ini menggabungkan gaya arsitektur Eropa dan Jawa, mencerminkan gaya menggambar Saleh sendiri. Itu adalah rumah bagi Saleh dan keluarganya selama bertahun-tahun, juga berfungsi sebagai studio dan galeri untuk karya-karya seninya.
Namun, rumah ini bukan hanya tempat tinggal dan studio. Dalam film ‘Mencuri Raden Saleh’, rumah ini dijadikan sebagai setting tempat cerita berlangsung. Ini memberikan wawasan tambahan tentang seberapa pentingnya rumah ini dalam sejarah seni dan budaya Indonesia.
Sekarang, rumah Raden Saleh telah menjadi bagian penting dari warisan budaya Indonesia. Walaupun telah mengalami berbagai renovasi, rumah ini tetap mempertahankan suasana asli yang dapat dinikmati oleh pengunjung.
Visi Raden Saleh yang luar biasa, bakat artistiknya, dan dedikasinya terhadap seni dan budaya Indonesia membuat warisan ini tetap hidup hingga hari ini. Rumah ini adalah peninggalan berharga yang perlu dipelihara dan dihargai.
Rumah Raden Saleh, terletak di Menteng, Jakarta Pusat, merupakan salah satu destinasi sejarah dan budaya yang penting di ibu kota. Bagi para pengunjung yang ingin mengeksplorasi rumah ini, ada beberapa opsi transportasi yang dapat dipilih.
Naik KRL
Pilihan pertama adalah menggunakan Kereta Rel Listrik (KRL). KRL dapat diakses dari berbagai titik di Jakarta dan sekitarnya. Naiklah KRL ke Stasiun Jakarta Gondangdia dan lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 15 menit ke Rumah Raden Saleh.
Bus TransJakarta
Alternatif lainnya adalah menggunakan bus TransJakarta. Bus ini melayani banyak rute di Jakarta dan dapat menjadi pilihan yang efektif dan efisien. Anda bisa turun di halte bus Taman Suropati dan berjalan kaki selama kurang lebih 10 menit untuk sampai ke Rumah Raden Saleh.
Kendaraan Pribadi
Bagi yang lebih nyaman dengan kendaraan pribadi, Rumah Raden Saleh juga dapat diakses dengan mudah. Ada banyak rute yang bisa dipilih dan parkir tersedia di lokasi. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *