Cantiknya Bukit Kucing di Perkebunan Teh Kaligua

banner 468x60

BREBES, KANGENTRAVELING.COM – Seminggu yang lalu saya berencana wisata ke Perkebunan Teh Agrowisata Kaligua yang terletak di Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah. Kebetulan saya mempunyai teman yang rumahnya tak jauh dari lokasi tersebut.

Dia adalah salah seorang tour guide wisata di daerah tersebut. Juga termasuk anggota dari Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis Desa Wisata Pandansari (Deswitasari). 

Saya menghubungi teman tersebt, sehubungan dengan rencana saya melakukan perjalanan kesana. Bak gayung bersambut teman saya pun membuka lebar pintu rumahnya untuk saya singgahi dan mau untuk mengantarkan saya berkeliling ke tempat-tempat wisata yang ada di Kaligua.

Singkat cerita saya sampai dirumahnya. Berada tak jauh dari pintu masuk Perkebunan Teh Kaligua. Persisnya di dekat lapangan Taman.
(Foto: Geek Camera and Rent)

Pikir saya saat berkunjung ke Kebun Teh Kaligua, saya bakalan di ajak mengelilingi Kebun Teh, Menyusuri Goa Jepang, cuci muka di Pancuran Tujuh Tuk Bening, atau menikmati pemandangan dari atas Puncak Sakub sesuai dengan referensi yang dapatkan dari berbagai media sosial.

Namun ini lain dari pada biasanya. Saya diajak ke Bukit Kucing! Dari namanya saja belum cukup familiar ditelinga saya. Berada di sebelah selatan dukuh taman. Bukit Kucing memang bukan tempat wisata. Hanya perkebunan sayur milik warga sekitar. 

(Foto: Geek Camera and Rent)

Jalan menuju Bukit Kucing adalah melewati jalur sebelum pintu masuk Perkebunan Teh Kaligua. Lebih baik menggunakan sepeda motor besar atau mobil bergardan ganda. Karena medan yang  melewati lumayan sulit hanya batu-batuan yang ditata rapi. Namun dibeberapa sisi ada juga yang sudah rusak parah.

Kendaraan yang kita gunakan hanya bisa sampai pada sebuah gubug yang biasa digunakan untuk berkumpul para pemetik teh. Lalu kita melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Setelah sampai lokasi saya merasa cukup kaget. Dengan napas yang masih tersengal-sengal karena jalur yang menanjak saya melihat sisi lain dari Perkebunan Teh Kaligua.  Diatas bukit tersebut terdapat lahan datar yang cukup luas. Tiang pemancar menjulang tinggi di bagian tengah. Ada juga pohon pinus dengan tinggi sekitar 3-5 meter di area bukit. Disela-sela pepohonan terdapat sayuran yang ditanam oleh para petani. 

Pada sisi sebelah selatan kita akan melihat lembah dengan pemandangan Kota Purwokerto dari kejauhan. Biasanya disini lebih banyak pemandangan awan yang berada di bawah kita. Seakan kita sedang berada di atas awan tersebut.

Sementara pada bagian sisi barat pemandangan kota Bumiayu nampak terlihat jelas. Jika cuaca sedang cerah Gunung Ciremai juga nampak terlihat dari posisi ini. Bergeser sebelah utara, nampak terlihat Telaga Ranjeng, Pabrik Jamur, serta perumahan warga tertata rapi disana. 

Sedangkan disisi sebelah sebelah timur pemandangan kebun teh yang membentang luas nampak bak karpet hijau. Terlihat juga dengan jelas pabrik teh peninggalan kolonial Belanda dengan cerobong asap menjulang tinggi ke atas. Kemegahan Gunung Slamet nampak terlihat sangat jelas.

(Foto: Geek Camera and Rent)

Perjalanan saya kali ini sangat menyenangkan dan sangat berkesan bagi saya. Dalam satu lokasi saya bisa menikmati berbagai macam view yang diperoleh. Waktu yang tepat untuk menikmati berbagai pemandangan eksotis disini adalah dikala pagi hari.

Menurut para petani sayur yang ada di sekitar sini. Mereka tidak mempermasalahan jika ada orang yang ingin main kesini tapi dengan catatan tidak merusak tanaman para petani tersebut. (/Hartamas)

kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *