Begini Kondisi Masjid Baiturrahman Aceh Pasca Tsunami Tahun 2004

banner 468x60

BANDA ACEH, KANGENTRAVELING.COM – Nama Masjid Agung Baiturrahman  mendadak ramai menjadi buah bibir pada tahun 2004 silam. Sedikit mengenang masa lalu, tsunami besar berhasil meluluh lantahkan hampir seluruh daratam Nanggroe Aceh Darussalam. Bahkan menurut rekaman NASA, kerusakan yang terjadi bisa terlihat sampai ke luar bumi.

Lalu apa kaitannya dengan masjid tersebut? Masjid Agung Baiturrahman menjadi saksi bisu kisah bencana yang telah melanda, karena satu-satunya bangunan utuh yang tersisa. Sebelum tragedi melanda, tahun 1873 juga menjadi kenangan pahit pembakaran masjid kebanggaan pesisir Sumatera.
Selain itu, tempat ibadah ini pun menjadi sejarah peradaban bangsa Indonesia memerangi bangsa Belanda sebagai basis perlawanan. 
Pemandangan berbeda terlihat setelah berbagai tragedi yang menimpa hampir membuat ikon provinsi aceh sebagai simbol perjuangan, kekuatan, agama, dan budaya kota Serambi Mekah kehilangan jati dirinya.
Renovasi dan penataan ulang terus dilakukan hingga sekarang. Kini masjid memiliki 7 kubah, 4 anak menara, dan 1 menara induk. Di sekeliling tempat dioenuhi dengan aneka ragam bunga taman yang cantik. Di dalam arena pun terdapat pula kolam renang yang menawan.
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *