Batik Complongan Indramayu Jadi Bahan Kain Terbaik, di Ajang Dekranasda Award 2023

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Batik Complongan yang merupakan batik khas Kabupaten Indramayu menjadi kriya terbaik berbahan tekstil pada kegiatan Dekranasda Award 2023 yang merupakan rangkaian kegiatan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB 2023)

Penyerahan diserahkan Ketua Dekranasda Jawa Barat Ny. Atalia Praratya Ridwan Kamil kepada Bupati Indramayu Nina Agustina yang diwakili Pj. Sekretaris Daerah, Aep Surahman, Sabtu (8/7/2023) di Gedung Sate, Bandung.
Pada kegiatan tersebut, Kabupaten Indramayu menghadirkan kain batik complongan untuk dipamerkan karena menjadi kebanggan Kabupaten Indramayu. Memiliki motif dan teknik membatik yang sangat langka, batik complongan juga telah memiliki hak kekayaan intelektual.
Bupati Indramayu Nina Agustina melalui Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu, Aep Surahman seusai menerima penghargaan mengatakan, batik complongan saat ini terus dikembangkan dalam produksinya.
Selain itu, promosi keluar daerah juga terus dilakukan melalui berbagai kegiatan dan event baik skala lokal maupun nasional.
“Alhamdulillah event kali ini bersama Dekranasda kita juga menghadirkan batik complongan, hasilnya menjadi kriya terbaik berbahan tekstil,” kata Aep.
Aep menambahkan, komitmen Bupati Indramayu Nina Agustina terhadap keberadaan batik tulis complongan dibuktikan dengan didaftarkannya batik tersebut pada tahun 2021 ke Dirjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI untuk mendapatkan Sertifikat Indikasi Geografis.
“Dengan adanya sertifikat ini semoga batik tulis complongan makin berkembang dan memajukan dunia usaha di Kabupaten Indramayu, sehingga tujuan mewujudkan Indramayu Bermartabat bisa terlaksana,” katanya. (Aa Deni)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *