Anies Baswedan Mengunjungi Museum Rasullullah di Madinah

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Anies Baswedan, mantan Gubernur DKI Jakarta, baru-baru ini mengunjungi Museum Rasulullah di Madinah bersama keluarganya. Berlangsung pada Sabtu, 8 Juli 2023, Anies mendapat kesempatan istimewa dari Direktur Museum Rasulullah, Syaikh Nasir bin Musfir Al-Zahrani, yang mengundangnya ke dalam museum usai salat Isya di Masjid Nabawi.

Di museum tersebut, Anies dan keluarganya dapat melihat maket suasana Mekkah zaman Nabi Muhammad. Maket ini menampilkan replika rumah dan kamar Rasullullah SAW, helm, busur, panah, dan kendi air yang digunakan pada masa itu. Selain itu, mereka juga diperlihatkan maket yang lebih besar dari Madinah kala Nabi Muhammad membangun peradaban setelah berhijrah dari Mekkah. Dari maket ini, terlihat pemandangan Kota Madinah tempo dulu lebih ramai dan tertata.
Menurut Anies dalam unggahan di Instagram pribadinya, karya-karya sejarah yang ditampilkan di museum bukan hanya menarik, tetapi juga membuat kita mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam tentang Rasulullah SAW. Ia menambahkan bahwa ini merupakan malam yang sangat berkesan bagi keluarganya karena bisa menikmati perjalanan melampaui waktu di tempat tersebut.
Selain melihat maket, keluarga Anies juga disuguhi film 4D yang menggambarkan suasana Mekkah dan Madinah zaman Nabi Muhammad. Dari pengalaman tersebut, Anies bersyukur bisa mengetahui sejarah yang dikonversi menjadi ruang. Ia menyampaikan bagaimana perjalanan berubah menjadi pengalaman dan bagaimana kita yang berada di abad 21 ditarik ke abad 6 dan 7 untuk merasakan dan mengambil hikmah dari kehidupan Rasulullah SAW.
Perjalanan Anies Baswedan dan keluarganya ke Museum Rasullullah ini memiliki arti penting, terutama sebagai upaya untuk mendekatkan diri kepada sejarah dan kehidupan Nabi Muhammad SAW. Melalui pengalaman ini, Anies dan keluarganya berharap dapat membawa pelajaran dan hikmah yang dapat diterapkan dalam kehidupan mereka.
Kunjungan ini menunjukkan betapa pentingnya peranan museum dan situs sejarah sebagai sarana pembelajaran dan memperdalam pengetahuan tentang sejarah Islam. Diharapkan, semakin banyak orang yang berminat untuk mengunjungi museum ini untuk menambah wawasan mereka tentang perjalanan Nabi Muhammad SAW dan sejarah Islam pada umumnya.
Anies Baswedan, yang saat ini menjadi bakal calon Presiden yang diusung oleh Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS, diharapkan dapat mengambil pelajaran dan inspirasi dari kunjungan ini dalam memimpin Indonesia ke depan, jika terpilih sebagai Presiden.
Kita tentu berharap semoga kunjungan Anies Baswedan dan keluarganya ke Museum Rasulullah ini bisa menginspirasi kita semua untuk lebih mencintai sejarah dan kepribadian Nabi Muhammad SAW. Selain itu, semoga kita terus menerus belajar dari sejarah dan menggali hikmah yang terkandung di dalamnya. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *