Alberobello, Desa Kurcaci yang Instagramable di Italia

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Alberobello, sebuah permata di Provinsi Puglia, Italia, adalah kota kecil yang mampu mencuri perhatian dunia.

Dikenal juga dengan sebutan ‘Desa Kurcaci’, ciri khas Alberobello tak lain adalah deretan rumah kerucut berwarna putihnya yang menjadi spot fotografi menawan bagi para wisatawan. 
Desa ini berada dekat dengan Kota Bari dan berdiri di dua bukit dengan sungai yang mengalir di tengahnya.
Sejarah Alberobello
Sejarah Alberobello bermula dari abad ke-14, ketika seorang tuan tanah memanfaatkan lahan hutan di kawasan ini untuk dijadikan perkebunan. Nama ‘Alberobello’ sendiri memiliki arti ‘pohon cantik’.
Tuan tanah ini membangun rumah-rumah sederhana dari batu kapur tanpa perekat semen, memungkinkannya terhindar dari pajak tinggi yang biasanya dikenakan pada rumah dengan bangunan tetap.
Pada abad ke-18, populasi Alberobello mencapai 3.500 jiwa dan kawasan perkebunan ini telah bertransformasi menjadi kota kecil.
Bangunan Tradisional: Trullo
Fokus utama Alberobello adalah bangunan tradisionalnya, dikenal dengan sebutan ‘trullo’. Bentuk bangunan ini silinder dengan atap kerucut yang dibuat dari batu. Dalam bentuk jamak, rumah ini disebut ‘trulli’. 
Sampai saat ini, kota ini memiliki lebih dari 1.500 trulli dan karena keasliaan tradisi dalam membangunnya, Alberobello terdaftar sebagai situs warisan dunia UNESCO.
Destinasi Wisata
Menyandang predikat sebagai kota yang Instagram friendly, tidak heran jika Alberobello menjadi destinasi wisata populer.
Desa ini dibagi menjadi dua bagian: Rione Monti dan Aia Picola. Rione Monti adalah kawasan wisata yang ramai dengan toko-toko suvenir, kafe, dan restoran. 
Sedangkan, Aia Picola lebih tenang dan sepi, menjadi kawasan perumahan penduduk setempat. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *