Acara Ruwat Bumi Guci 2023: Menelusuri Tradisi dan Keunikan di Kabupaten Tegal

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Akhir bulan Juli tahun 2023 ini, Kabupaten Tegal akan menjadi tuan rumah acara Ruwat Bumi di Guci. Kegiatan yang direncanakan berlangsung selama dua hari, mulai dari tanggal 25 hingga 26 Juli 2023 ini diharapkan dapat memperkenalkan tradisi dan keunikan yang dimiliki oleh daerah tersebut.

Mengenal Acara Ruwat Bumi Guci
Acara Ruwat Bumi Guci merupakan salah satu tradisi yang dilaksanakan oleh masyarakat Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Ruwat Bumi merupakan ritual yang dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas hasil bumi yang diberikan.
Salah satu kegiatan yang menjadi pusat perhatian dalam acara Ruwat Bumi Guci 2023 adalah puncak kegiatan yaitu prosesi pemujaan dan kebersihan di sumber air panas alam Guci. Seluruh peserta dan masyarakat setempat akan bersama-sama menjalankan prosesi ini dengan harapan mendapatkan berkah dan kebaikan.
Jadwal Rangkaian Acara Ruwat Bumi Guci 2023
Berikut adalah jadwal rangkaian acara Ruwat Bumi Guci 2023 yang telah diumumkan pada pamflet resmi acara tersebut :
Selasa, 25 Juli 2023
  • Pukul 08.00 – 11.00: Penyerahan sesajen di Pura Kembar Guci
  • Pukul 17.00 – 19.00: Upacara pembukaan di Panggung Utama
Rabu, 26 Juli 2023
  • Pukul 07.00 – 09.00: Pujian Gala Desa dan Sembahyang Bumi
  • Pukul 16.00 – 21.00: Pentas seni dan kesenian di Odalan Desa
Dengan mengikuti jadwal acara yang telah ditentukan, para peserta dan pengunjung akan dapat merasakan keseruan dan keunikan dari acara Ruwat Bumi Guci 2023.
Acara Ruwat Bumi Guci 2023 tidak hanya menjadi ajang perayaan dan kegiatan ritual semata, namun juga memiliki nilai-nilai penting yang mencerminkan kearifan lokal dan keberagaman budaya. Berbagai perspektif dapat dipertimbangkan ketika mengamati acara ini:
  1. Nilai Spiritual: Bagi masyarakat setempat, Ruwat Bumi Guci memiliki makna spiritual yang tinggi. Aktivitas ritual yang dilakukan diharapkan dapat memperteguh hubungan antara manusia dengan Tuhan dan alam sekitar.
  2. Keindahan Alam: Acara Ruwat Bumi Guci menjadi pesta keindahan alam Kabupaten Tegal. Dalam suasana yang tenang dan penuh keramahan, peserta dan pengunjung dapat menikmati keindahan alam Guci yang ditandai dengan sumber air panas alami.
  3. Peninggalan Budaya: Kegiatan ini juga dapat menjadi ajang pelestarian dan pengenalan terhadap budaya lokal Kabupaten Tegal. Peserta dan pengunjung dapat mempelajari lebih lanjut tentang tradisi, tarian, lagu, dan kesenian khas daerah tersebut.
Acara Ruwat Bumi Guci 2023 merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kabupaten Tegal. Dalam kegiatan ini, peserta dan pengunjung dapat menikmati pengalaman unik dan mendalam tentang tradisi, keindahan alam, dan keberagaman budaya di daerah tersebut.
Dengan mengikuti jadwal rangkaian acara Ruwat Bumi Guci 2023, semua orang dapat merasakan kehadiran spiritual dan kenikmatan alam yang indah. Selain itu, acara ini juga dapat memperkuat dan mempromosikan keberagaman budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Tegal. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *