6 Gunung di Indonesia Ini Terkenal Memiliki Jalur Pendakian Terindah

banner 468x60

BUMIAYU, KANGENTRAVELING.COM – Saat ini gunung merupakan salah satu tempat paling favorit untuk melepaskan penat kehidupan perkotaan. Kegiatan alam yang satu ini akhir-akhir ini banyak sekali diminati oleh kalangan milenial. Selain untuk melakukan aktifitas di alam bebas rupanya gunung sudah menjadi komoditi untuk ajang pamer di laman media sosial. Tak pelak gunung menjadi ramai dan banyak sekali pendaki dadakan.

Pemandangan puncak gunung dan jalur pendakian menjadi objek foto yang sangat menarik. Selain hijaunya pemandangan alam juga ada sensasi tersendiri saat kita sedang melakukan pendakian. Nah kira-kira gunung mana sih yang memiliki jalur pendakian indah yang cocok buat kalian sobat traveler. Kali ini kami sudah merangkumnya untuk sobat traveler semua, cek aja di bawah.

1. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani Terletak di Pulau Lombok, merupakan gunung berapi yang masih aktif tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian mencapai 3.276 mdpl. Jalur pendakian Gunung Rinjani yang memiliki keindahan adalah pada bagian sebelah barat yaitu terdapat sebuah danau atau biasa masyarakat sekitar menyebutnya Segara Anakan pada ketinggian 2.000 mdpl dengan 11 juta meter persegi dan kedalaman 230 meter.  

Selain itu jika kita sampai puncak Gunung Rinjani kita akan disuguhi pemandangan yang tak kalah jauh indahnya yakni kita bisa melihat Gunung Agung (Bali), Gunung Ijen-Merapi (Banyuwangi), dan Gunung Tambaro (Sumbawa) dengan catatan kondisi cuacanya sedang bagus yah sobat traveler.

2. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di pulau Sumatera. Merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 3.805 mdpl. Letaknya berada tepat di antara perbatasan Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Jambi. Kawasan Gunung Kerinci memiliki keindahan yaitu terdapat Danau 7 Gunung yakni telaga dengan kawah pada ketinggian 2.000 mdpl dikelilingi perbukitan disekitar kerinci yang hampir tak terjamah oleh manusia. 

3. Pegunungan Jayawijaya

Pegunungan Jayawijaya yang adalah rangkaian pegunungan yang terletak di Provinsi Papua. Merupakan jajaran dengan tujuh puncak tertinggi didunia (Seven Summit) dengan ketinggian 4.800 mdpl. Biasa disebut dengan pegunungan Cartenz puncak tertinggi ada di Puncak Jaya. Banyak pendaki dari seluruh dunia yang ingin menaklukan gunung ini karena merupakan satu-satunya gunung di Indonesia yang memiliki salju abadi pada bagian puncaknya.

4. Gunung Semeru

Gunung Semeru terletak diperbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang dengan  ketinggian 3.676 mdpl. Gunung ini merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia. Banyak sekali keindahan yang bisa kita nikmati selama melakukan pendakian.  Salah satunya adalah terdapat bunga edelweis, cemara, padang rumput, dan pinus pada lereng gunungnya dan pada bagian puncaknya Mahameru. 

Selain itu di Gunung Semeru juga terkenal dengan keindahan danau Ranu Kumbolo. Biasanya para pendaki akan menghabiskan banyak waktunya untuk mendirikan tenda ditepian telaga ini. Danau dengan luas 14 hektar ini berada pada ketinggian 2.400 mdpl.

5. Gunung Gede

Gunung Gede terletak di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat memiliki ketinggian 2958 mdpl. Gunung ini termasuk bagian dari Gunung Kembar Gede – Pangrango. Berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango seperti nama resmi yang disematkan pada gunung tersebut.

Keindahan alam yang selalu bikin kangen saat mendaki Gunung Gede adalah Alun-alun Suryakencana. Yaitu sebuah lembah datar yang dipenuhi oleh pohon edelweis di jalur pendakian Gunung Gede. Biasanya para pendaki akan menghabiskan banyak waktunya disini untuk mendirikan tenda atau sekedar berselfie ria.

6. Gunung Kalimutu

Gunung Kalimutu terletak di Flores, Nusa Tenggara Timur merupakan gunung berapi yang memiliki keunikan alam berbeda dengan gunung-gunung lainnya. Di mana pada bagian puncak gunung tersebut terdapat 3 danau yang memiliki warna berbeda-beda yaitu warna merah, biru, dan putih. Walaupun begitu warna tersebut selalu berubah seiring berjalannya waktu.

Nah fenomena tersebut masing-masing ada artinya. Warna Biru atau Tiwa Nuwa Muri Koo Fai merupakan tempat berkumpulnya jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Sedangkan Merah atau Tiwu Ata Polo merupakan tempat berkumpulnya jiwa jiwa orang yang telah meninggal dengan masa hidup yang jahat. Sementara it, warna putih Tiwu Ata Mbupu merupakan tempat berkumpulnya orang tua yang telah meninggal.

kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *