5 Transportasi Terbaik dari Bandara Internasional Yogyakarta menuju kota Yogyakarta

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Hal apa yang membuatmu kangen dengan jogja nih sob? Udah pada tahu belum nih di Yogyakarta sekarang ada bandara baru yaitu Yogyakarta Internasional Airport. Bandara ini belum lama ini diresmikan oleh pemerintah Indonesia, kali ini admin bakalan mengulas apa saja rekomendasi transportasi dari Bandara Internasional Yogyakarta menuju ke kota Yogyakarta. 

1. Kereta Api

Dengan menggunakan kereta api perjalanmu dijamin tidak akan terlambat dan yang pastinya nyaman. Dengan pilihan jadwal yang banyak akan semakin memudahkan kamu menuju kota jogja dari bandara. Jika menggunakan Kereta Api estimasi waktu tempuh berkisar antara 45 – 60 menit saja. Untuk info jadwal lengkap & tiket dibeli secara go show di stasiun atau dipesan secara online melalui KAI Access.
KA yang bisa digunakan untuk akses ke Bandara YIA terbagi dalam dua pilihan: KA Bandara YIA dan KA Prambanan Ekspres alias Prameks. KA Bandara YIA memiliki relasi Stasiun Yogyakarta (Tugu) – Wates – Wojo – Kebumen (PP), sedangkan KA Prameks Stasiun Maguwo – Lempuyangan – Yogyakarta – Wates – Wojo.

2. Shuttle Bus Damri

Titik keberangkatan Damri menuju YIA antara lain Bandara Adisutjipto, Pool Damri, Jalan Affandi, Galeria Mall, Bundaran UGM, Sleman Citi Hall, Candi Borobudur, Grand Inna Malioboro, Hotel Limaran, Rest Area Ambar Ketawang, Stasiun Wojo, dan Kebumen.
Estimasi harga tiketnya ada di kisaran Rp. 25-70 ribu, tergantung jarak tempuh. Damri beroperasi mulai pukul 03.00 WIB sampai 20.00 WIB, dan setiap 30 menit sekali di titik keberangkatan Ambarketawang dan Stasiun Maguwo (Bandara Adisutjipto).
Dengan estimasi waktu tempuh 1-2 jam perjalanan, berikut rute shuttle bus Damri:

  1. Bandara Adisutjipto – YIA = 2 jam
  2. Malioboro – YIA = 1,5 jam
  3. Ambarketawang – YIA = 1 jam

3. SatelQu

Estimasi waktu tempuh perjalanan menuju Bandara YIA dengan shuttle bus SatelQu berkisar antara 1-2 jam dari pusat Kota Yogyakarta, tergantung titik keberangkatan. Dengan estimasi biasaya Rp. 50-70 ribu, berikut tiga rute yang bisa dipilih:
Rute utara: Maguwo (Bandara Adisutjipto) – Hotel Grand Keisha – Prime Hotel – Hotel UC UGM – Hotel Phoenix – Hotel Amartya – Rest Area Ambarketawang – YIA
Rute tengah: Bandara Adisutjipto – Hotel Eastparc – Hotel Grand Mercure – Hotel Pesonna Tugu – Grand Serella – Terminal Jombor – Hotel Amartya – Rest Area Ambarketawang – YIA
Rute selatan: Bandara Adisutjipto – Jogja Expo Center (JEC) – Hotel The Cube – YATS Colony – Rest Area Ambarketawang – YIA
Interval waktu berangkat (headway) SatelQu adalah selama 30 menit sekali di titik keberangkatan Ambarketawang dan 60 menit sekali Stasiun Maguwo (Bandara Adisutjipto).
Selain YIA-Yogyakarta, SatelQu juga melayani rute sekitar Yogyakarta, yaitu Cilacap, Purwokerto, Kebumen, Jombor, Purworejo, Wonosobo, dan Banjarnegara.

4. Taksi Agro Maupun Online

Penumpang dapat menggunakan berbagai taksi bandara yang dapat dipesan sesuai jadwal penerbangan di Bandara YIA: Rajawali, JAS, Pataga, dan Angkutan Premium Golden Bird. Selain itu, taksi online seperti Grabcar atau Grabtaxi juga sudah resmi beroperasi di Bandara YIA dan dapat dipesan melalui aplikasi Grab.

5. Kendaraan Sewa

Di samping keempat transportasi di atas, penumpang juga bisa menyewa mobil dari Bandara YIA untuk mengunjungi destinasi pariwisata di sekitar Kulon Progo dan Yogyakarta. Angkutan sewa khusus yang tersedia antara lain KSU Putra Galih, Inkoppol, dan Jaladipa.(/BayRaharjo)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *